WAJO NEWS
  • Home
  • Berita
  • Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat
Berita Daerah

Rapat Koordinasi Persiapan Verifikasi Kabupaten Sehat

NEWSWAJO – Kabupaten Wajo selama kepemimpinan Drs H Andi Burhanuddin Unru, MM selaku Bupati, dan Dr H. A. Syahrir Kube Dauda, SE, M. SI selaku Wakil Bupati, beragam prestasi telah ditorehkan.

Khusus penghargaan Kabupaten/kota sehat, Kabupaten Wajo dari tahun ke tahun meraih prestasi dan berhasil membawa pulang penghargaan tersebut.

Pada tahun 2009/ 2010 Kabupaten Wajo memperoleh penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa dari penilaian tiga tatanan.

Tahun 2011/2012, Kabupaten Wajo kembali raih penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wiwerda dari lima tatanan penilaian.

Di tahun 2014/2015 Kabupaten Wajo kembali membawa pulang penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara dari 7 tatanan kategori penilaian.

Pada tahun 2016/2017 Kabupaten Wajo lagi-lagi meraih penghargaan Kabupaten sehat Swasti Saba Wistara dari 8 tatanan penilaian.

Demi raih kelima kalinya Penghargaan Kabupaten/ Kota Sehat 2018/2019, Pemerintah Kabupaten Wajo sejak jauh hari sebelumnya membentuk Tim mengikut sertakan OPD atau Instansi terkait terhadap tatanan penilaian.

Salah satu langkah diambil demi terwujudnya impian raih kembali Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat, melalui Rapat Koordinator Persiapan Verifikasi Kabupaten/ Kota Sehat.

Dalam Rakor tersebut agenda pembahasan meliputi Evaluasi pelaksanaan penilaian Kabupaten Sehat tahun 2017, Penentuan Tatanan Kabupaten Sehat, Tanggung jawab masing-masing OPD terhadap tatanan penilaian, kelengkapan Dokumen penilaian, penentuan lokus, dan persiapan penerimaan tim verifikasi kabupaten sehat dari Provinsi (Januari/Februari).

Sementara pada notulen rapat, ada empat poin pembahasan, ke empat poin tersebut meliputi : 1. Tatanan penilaian kabupaten kota sehat masih 8 tatanan ditambah dengan lokus penilaian, 2. Untuk memaksimalkan waktu , maka akan disusun time schedule untuk pembinaan pokja disetiap desa/kelurahan, 3. Untuk efektifitas penilaian, maka dibutuhkan strategi dalam menghadapi penilaian kabupaten/ kota. 4. Pengusulan anggaran operasional kabupaten/ kota sehat untuk OPD penanggung jawab tatanan dialokasikan di APBD, untuk Forum Kecamatan dialokasikan pada anggaran APBD dan untuk Pokja dapat dialokasikan di ADD/dana desa.

Penulis : Eddy M
Editor  : Rustan

Related posts

Bantuan CSR Tersalurkan Bagi Korban Banjir

Rustan

Bupati Wajo : “Dibutuhkan Tenaga Pengajar Berkualitas”

Rustan

Hebat ! Bupati Wajo Masuk Nominator Penerima Upakarti 2017

Rivaldy Anwar

Leave a Comment

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA