WAJO NEWS
  • Home
  • Berita
  • Pemkab Terapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Berita Daerah

Pemkab Terapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

NEWSWAJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo, melalui Dinas Kesehatan merangkul masyarakat hidup secara sistematis dan terencana dengan program kampanye, gerakan masyarakat  hidup sehat (Germas).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wajo, dr. Baso Rahmanuddin mengatakan program Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Program ini sudah kita jalankan di 14 kecamatan di Kabupaten Wajo. Kita berharap  masyarakat memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat secara mandiri,” katanya, Kamis, 8 Juni.

Dia menambahkan pelaksanaan Germas ini akan lebih efektif jika dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk keperibadian. Selain itu, Germas dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengomsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkomsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Pada tahap awal Germas secara nasional, dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu pertama melakukan aktifitas fisik 30 menit per hari, kedua mengomsumsi buah dan sayur dan ketiga memeriksakan kesehatan secara rutin.

“Tiga kegiatan tersebut, dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” imbuhnya.

 

Penulis : Iman Setiawan

Editor : Rustan

Related posts

Mobile Si-Cakep

newswajo_hasri

Ribuan Pegawai Non ASN, Bakal Terima JKK dan JKM

Rustan

Sebanyak 130 PPKD Dapat Pembekalan

Rustan

Leave a Comment

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA