WAJO NEWS
  • Home
  • Berita
  • Tiga Agenda Strategis Diskop dan UMKM Bangkitkan Gerakan Koperasi
Berita Daerah

Tiga Agenda Strategis Diskop dan UMKM Bangkitkan Gerakan Koperasi

WAJONEWS — Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) menggelar Sosialisasi pemahaman prinsip-prinsip perkoperasian. Sosialisasi yang digelar di Hotel Ayu 15/05/2017 dihadiri oleh Gerakan Koperasi yang ada di bumi Lamaddukkelleng. Kepala Dinas Koperasi dn UMKM Wajo Muh. Arwes yang ditemui mengatakan, sosialisasi tersebut untuk memberikan pemahaman kepada seluruh gerakan koperasi terkait dengan regulasi dan kebijakan pemerintah dalam rangka pengembangan dan eksistensi koperasi sesuai dengan undang-undang no. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian.

“Sesuai dengan evaluasi bahwa perkembangan koperasi saat ini mengalami stagnan sehingga diperlukan informasi, komunikasi dan pembinaan yang kontinyu agar gerakan koperasi dapat tumbuh dan berkembang yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, kesehajteraan anggota dan masyarakat pada umumnya,” jelas mantan Kabag Ekonomi ini. Untuk menumbuhkembangkan dan membangkitkan gerakan koperasi di Wajo, lanjut Arwes.

Ada 3 agenda strategis yang akan dilakukan yakni, rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan usaha secara bertahap dan terukur bagi koperasi.

Disamping itu, melalui ketiga agenda starategis tersebut, sejumlah program kegiatan juga akan dilakukan untuk membangkitkan kembali gaung koperasi seperti era jayanya gerakan koperasi pada tahun 90-an. “Kami juga sementara ini sedang melakukan penilaian terhadap koperasi yang ada di Wajo. Koperasi tersebut dinilai dari berbagai aspek, seperti kesehatan, organisasi kelembagaan, usaha dan manajemen koperasi,” ungkapnya.

Dari hasil penilaian nantinya, akan dilihat tingkat kesehatan dengan 3 kategori yaitu, sehat, kurang sehat dan tidak sehat.

“Bagi Koperasi yang kurang sehat akan dilakukan pembinaan secara kontinyu. Sementara yang tidak sehat akan dilakukan penertiban, bahkan sampai kepada pembubaran,” tegas Muh. Arwes.

Penulis : Hamzah

Editor : Rustan

Related posts

APBD Wajo Tahun 2016 Meningkat Sebesar Rp148,7 Milyar Lebih

Rustan

Program Sejuta Kantong Air

newswajo_hasri

Pemkab Akan Tertibkan Aset

newswajo_hasri

8 comments

Leave a Comment

Anti-spam: complete the taskWordPress CAPTCHA